MEWUJUDKAN MASYARAKAT DESA KARANGTUNGGAL ( TAKWA.ANDAL.MANDIRI.PRESTASI.INOVATIF. LESTARI ) ''TAMPIL'' -- selengkapnya...  

PENYERAHAN SMARTPHONE KEPADA KETUA RW DAN OPERATOR DESA PROGRAM SAPA WARGA

Tes 30 September 2019 12:10:22 Berita Desa

PENYERAHAN SMARTPHONE KEPADA KETUA RW DAN OPERATOR DESA PROGRAM SAPA WARGA

Seluruh ketua rukun warga (RW) di Provinsi Jawa Barat wajib memahami aplikasi Sapa Warga yang bakal disisipkan dalam fasilitas telepon pintar (smartphone) yang diberikan Pemprov Jabar. sekitar 9 ketua RW dan 1 Orang Operator Desa di Desa Karangtunggal Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung difasilitasi smartphone untuk memudahkan komunikasi dan koordinasi dengan Pemprov Jabar serta mewujudkan program Desa Digital di Jabar. Penyerahan Smartphone tersebut langsung diserahkan oleh PJS Kepala Desa Karangtunggal Bapak TARYANA, S.Ip dan dihadiri Oleh Ketua BPD, Binmas juga Babinsa Desa Karangtunggal.

Fasilitas telepon pintar bagi para ketua RW tersebut merupakan wujud program Sapa Warga yang digagas Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Dengan adanya aplikasi Sapa Warga pada setiap smartphone ketua RW, masyarakat dapat dengan mudah menyampaikan aspirasi, informasi, hingga aduan langsung kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Dari Aplikasi Sapa Warga tersebut terdapat 3 Fungsi yang harus dipahami antara lain :

  1. Sebagai media informasi dari kepala daerah atau Gubernur yang dapat diterima lebih cepat oleh ketua RW, agar informasi yang beredar tidak simpang siur, termasuk untuk meminimalisasi kabar bohong (hoaks).
  2. Berkaitan dengan aspirasi warga. Jadi warga bisa menyampaikan ide, gagasan, bahkan keluhan. Dan
  3. Sebagai media pelayanan publik, seperti untuk membayar pajak atau retribusi, dan lainnya secara lebih mudah dan efektif.

Program Sapa Warga ini harus mampu mendorong daerah menjadi lebih maju dari segala sektor, baik sektor kesehatan, pendidikan, hingga infrastruktur.

Fasilitasi smartphone tersebut bertujuan untuk percepatan pembangunan dimana setiap ketua RW nantinya dapat langsung memberikan laporan perkembangan daerahnya masing-masing. Lewat Sapa Warga, komunikasi antara Gubernur dengan perangkat wilayah, khususnya Ketua RW, nantinya tak harus selalu lewat tatap muka. "Program ini memiliki tiga fungsi, yakni layanan publik, informasi, dan pengaduan atau laporan,"

Program ini didanai dari Bantuan Provinsi (BANPROV) yang digulirkan Pemprov Jabar dimana setiap desa di Jabar mendapatkan dana bantuan masing-masing sebesar Rp127 juta.

Selain digunakan untuk pembangunan infrastruktur hingga pembinaan aparatur desa, dana bantuan tersebut disisihkan untuk pembelian telepon pintar dengan spesifikasi yang telah ditentukan.

 dpr ri demo mahasiswa  ruu kpk jokowi puan maharani

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Informasi COVID-19 Kabupaten Bandung

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

Aparatur Desa

Peta Desa

Sinergi Program

Kemendes PEMERINTAH PROVINSI PEMKAB BANDUNG
Puskesos Lemah Cai Kuring
Siskeudes

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa

Alamat Jl. Karangtunggal No.1 Paseh-Bandung
Desa KARANGTUNGGAL
Kecamatan Paseh
Kabupaten Bandung
Kodepos 40383
Telepon 085721740009
Email info@karangtunggal.desa.id

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

.

Jadwal Sholat