MEWUJUDKAN MASYARAKAT DESA KARANGTUNGGAL ( TAKWA.ANDAL.MANDIRI.PRESTASI.INOVATIF. LESTARI ) ''TAMPIL'' -- selengkapnya...  

Sosialisasi Pencegahan Stunting Di Wilayah Desa Karangtunggal

Tes | 10 Oktober 2019 21:19:33 | Berita Desa | 1 Kali

Tim Kesehatan Puskesmas Cipedes dan Ibu-ibu Kader PKK Desa Karangtunggal Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung, mengelar sosialisasi tentang pencegahan Stunting (Kurang Gizi). Acara yang berlangsung di Gor Desa Karangtunggal dihadiri oleh Tim Kesehatan Puskesmas Cipedes, Ketua TP PKK Desa Karangtunggal dan anggota TP PKK tingkat Desa.

Dalam Kegiatan Sosialisasi tersebut dijelaskan, sebagian besar masyarakat mungkin belum mengetahui yang disebut dengan stunting. Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang lama, sehingga menyebabkan gangguan pertumbuhan pada anak. Stunting adalah suatu kondisi, menampakkan tinggi badan seseorang yang lebih pendek dibanding tinggi badan orang lain pada umumnya. Adapun penyebab anak terkena stunting adalah faktor gizi buruk dan faktor penyakit lain, seperti diare.

Penyakit Stunting memiliki dampak yang sangat buruk, yakni selain bentuk tubuh anak yang pendek, perkembangan otak anak juga bakal menurun 30 persen dari anak-anak normal. Karena dampak Stunting yang begitu besar pada pertumbuhan anak, diperlukan penanganan serius dengan memberikan asupan gizi pada ibu hamil dan balita serta menjaga lingkungan agar tetap terjamin kebersihannya.

Ada beberapa faktor yang diindikasikan sebagai penyebab stunting :

Salah satu yang utama adalah pola asupan yang tidak tepat. Seringkali ibu memberikan makanan kepada anaknya berdasarkan kesukaan dan pilihan anaknya, bukan berdasarkan kandungan gizi. Pemberian asupan yang salah dan terus-menerus itu berdampak gizi buruk. Himbauan harus terus digalakan kepada masyarakat agar Masyarakat lebih memahami  pelaksanaan program yang harus ditekankan dalam seribu hari pertama kehidupan.

Pemberian tablet penambah darah bagi ibu hamil, pelaksanaan inisiasi menyusui dini, dan pemberian ASI ekslusif dan makanan pengganti ASI secara tepat serta gerakan kadarzi. Oleh karena itu, perlu dilakukan sosialisasi guna meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat. Untuk mewujudkan kesehatan masyarakat, Kita mengharapkan komitmen dan kerja bersama antara pemerintah, baik sektor kesehatan maupun nonkesehatan, serta swasta dalam pembangunan pangan dan gizi. Masalah gizi ini merupakan masalah kita bersama dan memerlukan koordinasi lintas sektoral. Mencegah stunting berarti investasi bangsa untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing tinggi di dunia.

 desa cigentur kecamatan paseh jawa barat indonesia jokowi kpk mata nazwa

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Informasi COVID-19 Kabupaten Bandung

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

Aparatur Desa

Peta Desa

Sinergi Program

Kemendes PEMERINTAH PROVINSI PEMKAB BANDUNG
Puskesos Lemah Cai Kuring
Siskeudes

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Karangtunggal No.1 Paseh-Bandung
Desa : KARANGTUNGGAL
Kecamatan : Paseh
Kabupaten : Bandung
Kodepos : 40383
Telepon : 085721740009
Email : info@karangtunggal.desa.id

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

.

Jadwal Sholat